Solusi Keluarga

Cara Menghadapi Mertua Yang Cerewet

Cara Menghadapi Mertua Yang Cerewet – Masalah dalam keluarga yang kerap sekali muncul dalam rumah tangga adalah adanya mertua yang banyak bicara.

Ya. Memiliki mertua yang punya karakter banyak bicara memang bisa membuat pusing pasangan suami-istri karena setiap hari harus mengahadapi omelan sang mertua. Setiap hari, selalu ada saja hal-hal yang dikomentari atau ditanggapi, mulai dari masalah penataan rumah sampai persoalan keuangan rumah tangga.

 

cara menghadapi mertua yang cerewet

 

Pada umumnya, semburan kata-kata mertua belum akan berhenti sebelum Anda menuruti apa saja yang diinginkannya.

Nah oleh karena itu, agar pusing Anda tidak berlarut-larut, maka Anda harus tahu bagaimana cara menghadapi mertua yang cerewet.

Dan berikut ini adalah beberapa Cara Menghadapi Mertua Yang Cerewet. Perhatikan !

Baca Juga : Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Rumah Tangga

 

 

3 Cara Menghadapi Mertua Yang Cerewet

1. Hadapi Dengan Kepala Dingin

Omelan atau komentar pedas mertua tidak boleh dihadapi dengan emosi. Orang bijak mengatakan, bahwa api tidak boleh dilawan dengan api, melainkan dengan air.

Nah, untuk itu kalau mertua anda sering ngomel atau marah-marah, tidak boleh dihadapi dengan marah juga. Tetapi harus dengan kepala dingin dan tenang.

Kalau mertua cenderung mencerca, Anda hanya perlu mendengarkan tanpa memberikan balasan sedikit pun.

Sebab, jika Anda memotong kalimat saat ia tengah bersemangat mengkritik, sangat mungkin ia malah tambah emosi.

 

2. Berikan Pembelaan Diri

Apabila dituduh melakukan perbuatan yang tidak dilakukan maka Anda harus membela diri. Namun, dalam membela diri ada caranya, agar tidak terjadi perseteruan untuk selanjutnya.

Karena pada umumnya, mertua yang sedang mengomel tidak mau tahu alasan Anda. Oleh karena itu, pembelaan diri Anda harus disampaikan dengan kata-kata yang sopan supaya tidak menyinggung perasaannya.

 

3. Berbicara Baik-Baik.

Menghadapi mertua yang cerewet tidak boleh dengan amarah, bahkan dengan melakukan hal yang sama. Apabila anda tidak tahan mendengar omelan mertua, maka lebih baik diam saja agar tidak menimbulkan perseteruan.

Ingat, Mertua adalah orang tua. Seburuk apapun sifatnya Anda harus tetap hormati dan hargai.

Untuk itu, cara komunikasi yang harus Anda lakukan adalah dengan berbicara baik-baik, yakni sopan dan penuh kelembutan.

Dalam hal menghadapi mertua, Anda sebagai menantu harus banyak mengalah. Jika mertua banyak membicarakan kapan Anda dan pasangan berencana punya anak, maka berikan jawaban jujur mengenai hal itu. Adapun jika mertua sering membicarakan kesalahan cara memasak Anda, mintalah petujuk darinya.

 

Nah, itulah 3 Cara Menghadapi Mertua Yang Cerewet. Semoga Bisa memberikan manfaat bagi Anda. Dan sampai jumpa di Artikel lainnya.

 

cara meluluhkan hati mertua

Oh iya, dan jika Anda anggap informasi ini bermanfaat, maka silakan Share info diatas ke Media Sosial kamu… Terima kasih..