Solusi Keluarga

Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Rumah Tangga

Pentingnya Komunikasi – Banyak pasangan belum menyadari betapa pentingnya komunikasi yang efektif dalam rumah tangga. Akibatnya, kualitas hubungan antara suami dan istri menjadi rendah. Sehingga rawan terjadi salah paham ataupun masalah.

Untuk itu, penting untuk melakukan komunikasi yang efektif. Sebab, dengan komunikasi yang efektif, apapun yang dibicarakan dengan pasangan, hasil yang memuaskan bisa tercapai.

pentingnya komunikasi

Idealnya, setiap komunikasi di dalam rumah tangga didasari tujuan dan arah yang jelas sehingga tidak menghambur-hamburkan tenaga dan waktu untuk membicarakan hal sepele.

Meskipun demikian, faktanya lain. Banyak komunikasi di dalam rumah tangga yang tidak dilandasi dengan tujuan tertentu.

Hal ini lah yang kemudian berpotensi menimbulkan kesalahpahaman, karena gagal mencapai kesepakatan akhir.

Biasanya, komunikasi yang tidak mempunyai sasaran berujung pada kekecewaan.

Nah untuk itu, agar tidak terjadi salah paham dalam rumah tangga, ciptakan pola komunikasi yang efektif.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa untuk membangun komunikasi efektif pasangan suami-istri sangat bergantung pada kondisi psikologis setiap individu.

Sebagai suami atau istri, Anda harus memahami betul cara paling disenangi atau bahkan yang paling dibenci oleh pasangan Anda.

Ketika Anda tahu hal yang paling disukai dan dibenci, Anda mampu memilih serta melakukan suatu langkah komunikasi yang paling efektif.

Ingat, Jangan Menyepelekan Komunikasi karena Perceraian berawal dari hal itu.

Baca Juga : Menghargai Pasangan Itu Penting Dalam Rumah Tangga.. Ini Alasannya

3 Hal Yang Menunjukkan Pentingnya Komunikasi Dalam Rumah Tangga

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa komunikasi yang efektif itu penting dalam rumah tangga. Karena pola komunikasi dalam rumah tangga bisa menentukan arah kebahagian suatu hubungan rumah tangga.

Namun sebaliknya pola komunikasi pula lah yang bisa membawa rumah tangga ke arah kehancuran.

Intinya, tinggal bagaimana pasangan suami-istri dalam berkomunikasi. Jika komunikasi baik dan efektif maka hubungan akan menjadi lebih bahagia. Namun, jika suami-istri selalu berseteru dan sulit menemukan pola komunikasi yang efektif, maka rumah tangga bisa menjadi berantakan.

Sampai sini, sudah bisa diambil kesimpulan kalau komunikasi dalam rumah tangga sangat lah penting.

Dan Ada 3 hal yang akan menunjukkan pentingnya Komunikasi Dalam Rumah Tangga.

1.Banyak Perceraian Yang terjadi Karena Komunikasi Yang Tidak Efektif Dalam Rumah Tangga.

Kasus perceraian di Indonesia, hampir 60% disebabkan karena adanya kesalahpahaman dalam komunikasi. Coba Anda lihat kasus perceraian artis-artis di TV, hampir 80% terjadi karena sudah tidak ada kecocokan atau sering cekcok.

Nah, Tidak Ada kecocokan ini tentu dikarenakan pola komunikasi gagal. Sehingga tidak Ada tujuan yang jelas dalam rumah tangga. Kalau sudah tidak kecocokan tentu perceraian ujungnya.

2. Banyak Pasangan Sulit Dapat Keturunan Karena Komunikasi Tidak Efektif Dalam Rumah Tangga

Pernah saya jumpai beberapa kasus pasangan yang sulit mendapatkan keturunan. Padahal Kondisi kesehatan wanita dan laki-laki sehat.

Nah, setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata si istri takut untuk hamil. Rasa takut itu, tidak dikomunikasikan kepada suami. Hanya dipendam sendiri.

Nah, rasa takut itulah yang ternyata menjadi penyebab pasangan tersebut sulit untuk hamil.

Seperti nya masalah nya sepele karena dia hanya takut, bilang kalau si istri takut hamil. Tapi efeknya luar biasa, Sampai susah mendapatkan keturunan.

3. Sering Terjadi Trauma Dalam Rumah Tangga Karena Tidak Terjadi Komunikasi Yang Positif Dalam Rumah Tangga.

Satu lagi masalah serius yang terjadi karena komunikasi yang tidak efektif dalam rumah tangga. Ini sering terjadi ketika suami sering marah-marah dan istri hanya diam saja.

Perlu Anda ketahui, bahwa marah-marah kepada istri bisa membuat dia traumatik. Tapi ini berlaku pada istri yang tidak berani melawan atau diam saja.

Ketika dia diam, bukan dia memaafkan tetapi dia menahan ketakutan dan amarahnya. Ketika ketakutan dan amarahnya, hanya bisa dipendam maka hal itu bisa membuat traumatik.

Kalau seorang istri sudah traumatik dengan suami, akibatnya banyak sekali. Bisa terlihat dari sikap dan juga kesehatannya.

Dari kesehatan, sang istri bisa jadi lebih sering sakit. Kemudian dari sisi sikap, si istri menjadi lebih tertutup. Bahkan jika punya anak, bisa jadi amarahnya akan dilampiaskan pada anak. Dan ini sangat berbahaya.

Nah, dari 3 hal tersebut bisa dicermati bahwa komunikasi yang gagal, bisa berakibat buruk pada rumah tangga. Untuk itu, komunikasi yang efektif harus selalu dihadirkan dalam rumah tangga.

Baik demikian Artikel tentang Pentingnya komunikasi Dalam Rumah Tanggga. Semoga Bermanfaat…..